5 Software Ilustrator Untuk Para Pemula

Software Ilustrator

Replika.id – Software Ilustrator, Industri ilustrasi di Indonesia berkembang pesat dari tahun ke tahun. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pembicara Crafters yang sudah lama berkecimpung di dunia ilustrasi dan memiliki karir yang konsisten di dalamnya.

Aedel Fakhrie, seorang ilustrator lepas yang bekerja penuh waktu pada karya ilustratifnya, mengungkapkan bahwa “Pada tahun 2018, semakin banyak orang yang mulai mempelajari dunia ilustrasi dan konsep seni di industri lokal.”

Ini berbicara tentang 2018. Di tahun 2019, kami berharap industri ini dapat terus tumbuh seiring dengan bertambahnya jumlah pemain di industri tersebut. Nah, yang jelas kamu pasti tertarik untuk bergabung dengan industri ini.

Langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah membuat portofolio online (blog) yang menarik, aktif di media sosial dengan hashtag yang relevan, dan mungkin memulai komisi pertama Anda.

Juga sebagai pendukung, dengan beberapa program ini Anda dapat menyederhanakan penampilan Anda sebagai ilustrator digital. Mengapa digital?

Nah, bagi seorang ilustrator, kemampuan menggambar dengan tangan dan basic (bentuk dasar) tidak kalah pentingnya. Namun, dengan teknologi digital, ilustrasi kita dapat bekerja lebih mudah untuk diterapkan ke media lain.

5 Software Ilustrator Untuk Para Pemula

5 Software Ilustrator Untuk Para Pemula

Tidak ada salahnya mempelajari ilustrasi digital karena terbukti dapat mempermudah dan memaksimalkan kerja para ilustrator. Berikut adalah beberapa program yang dapat membantu Anda:

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop sering dipelajari oleh mereka yang tertarik dengan dunia ilustrasi digital. Padahal, seperti namanya, software ini sebenarnya dibuat untuk memanipulasi dan mengedit foto. Namun karena dukungan di dalamnya sangat beragam, kita bisa membuat ilustrasi, tipografi dan desain lainnya dengan resolusi yang berbeda sesuai kebutuhan.

Tools yang dianggap praktis juga menjadi kelebihan Adobe Photoshop yang mempermudah pekerjaan ilustrator. Menambahkan pen tablet seperti Wacom dan bersabar untuk menguasai tekniknya akan membuat ilustrasi Anda menonjol.

2. Adobe Illustrator

Nah, jika Anda sudah menguasai Adobe Photoshop, ada baiknya Anda mempelajari lebih lanjut tentang Adobe Illustrator. Software ini dapat bekerja dengan bentuk desain/ilustrasi yang lebih kompleks, bahkan untuk film sekalipun.

Memang harga Adobe Illustrator sedikit lebih mahal dari Adobe Photoshop. Namun, dengan semua dukungan seperti Creative Cloud, Touch-type, dan The Free Transform, Anda dapat memaksimalkan kembali performa ilustrasi Anda. Software ini sebenarnya dibuat untuk para ilustrator untuk membuat karya profesional untuk semua kebutuhan Anda serta karya turunan yang dapat Anda lakukan.

3. Procreate

Procreate adalah aplikasi/software yang bisa dibeli di iPad milik Apple. Software ini populer di kalangan ilustrator lokal seperti Kemas Acil dan Elfandiary. Menurut Kemas, kenyamanan software Procreate juga didukung dengan hasil akhir yang bisa menipu mata. Jika kita memahami tekniknya, pekerjaan yang dilakukan di sana mungkin terlihat seperti teknik manual.

Banyaknya pilihan bentuk brush (maupun custom brush) yang bisa kita gunakan membuat software atau aplikasi ini semakin banyak dipelajari oleh para ilustrator.

4. CorelDraw

CorelDraw bisa dibilang software desain vektor paling populer. Tentu saja karena berkat aplikasi ini kita dapat mengontrol sepenuhnya pekerjaan ilustrasi vektor. Dengan menggunakan CorelDraw, Anda dapat membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan dinamis.

Beberapa alat yang disertakan di dalamnya juga memfasilitasi pekerjaan profesional pada ilustrasi vektor. Namun sayangnya, jika Anda pengguna Apple (Mac), Anda tidak bisa menggunakan software ini. Dan terakhir, CorelDraw tidak memiliki navigasi yang mudah seperti software/aplikasi lain yang disebutkan sebelumnya. Jadi Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasainya.

5. Krita

Yang terakhir adalah Krita. Software ini merupakan alternatif dari Adobe Photoshop. Bahkan, sangat mirip dengan Adobe Photoshop CC. Keunggulan software ini adalah cocok untuk pekerjaan ilustrasi, editing foto, ilustrasi vektor seperti pada Adobe Illustrator dan CorelDraw.

Untuk pemula, software ini menjamin kenyamanan dan desain yang praktis untuk dipelajari!

Akhir Kata

Itu lah 5 Software Ilustrator Untuk Para Pemula yang wajid anda coba. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bermanfaat bagi anda semua yang sudah membaca informasi ini, terima kasih.

About Admin

Check Also

aplikasi nada dering

Bikin Ringtone-mu Sendiri dengan Aplikasi Nada Dering Ini!

Replika.id – Nada dering bawaan dari smartphone-mu tentunya akan membosankan ya karena sudah banyak juga ... Baca selengkapnya