Mengapa Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka?

Mengapa Video Offline YouTube Tidak Bisa Dibuka

Replika.id – setelah mengunduh video sehingga saya dapat menonton YouTube tanpa kuota internet. Seperti video youtube offline tidak bisa dibuka, jadi jika ada masalah seperti itu silahkan simak cara mengatasinya.

Hampir semua orang tahu tentang aplikasi YouTube yang merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai video dari dalam dan luar negeri. Rentang video yang ditawarkan termasuk video musik, tutorial, hiburan, film pendek dan banyak lagi.

Banyak juga orang-orang atau yang biasa dikenal sebagai content creator di ruang YouTube saat ini, yang membuat berbagai macam video dan mengunggahnya di YouTube.

Tidak sedikit para youtuber bahkan dari balita banyak yang dikenalkan dengan video youtube, namun video yang ditampilkan berdasarkan usianya.

Youtube memiliki beberapa fungsi salah satunya adalah offline saving. Namun, terkadang kami masih menghadapi masalah saat video yang kami unduh tidak diputar secara offline.

Penyebab Tidak dapat membuka video offline Youtube

Penyebab Tidak dapat membuka video offline Youtube

Anda dapat mengunduh video di YouTube untuk ditonton secara online atau offline. Itu hanya dapat dilihat secara offline secara eksklusif melalui platform YouTube dan tidak dapat digunakan dengan aplikasi lain.

Perlu Anda ketahui juga bahwa hanya video tertentu saja yang bisa didownload, jadi bukan video sembarangan. Apakah ada gangguan saat ingin menonton video offline yang diunduh? Misalnya, tidak terlihat saat offline.

YouTube mengunduh video yang tidak bias karena alasan berikut:

1. Tidak memperbarui aplikasi

Itu normal jika aplikasi Anda tidak diperbarui, jadi itulah salah satu alasannya. Karena ada fitur baru untuk mendukung kinerja kinerja sistem aplikasi YouTube.

2. Koneksi internet tidak stabil

Koneksi internet yang stabil diperlukan ketika Anda ingin mengunduh video. Jika koneksi tidak stabil, video tidak akan menampilkan gambar, tetapi hanya gambar hitam.

3. File Cache Penuh

Setiap aktivitas yang Anda lakukan dalam aplikasi akan disimpan dalam cache. Jadi Anda perlu memeriksa terlebih dahulu untuk melihat apakah file cache terlalu penuh dan perlu dibersihkan.

4. Video telah diunggah secara pribadi

Seperti yang kami sebutkan di atas, tidak semua video diunggah ke publik, dan banyak yang sengaja di-private oleh pemilik channel. Jika video disetel untuk pribadi, pemberitahuan bahwa video ini disetel untuk pribadi akan muncul.

5. Memori RAM Penuh

Alasan selanjutnya adalah RAM. YouTube adalah salah satu aplikasi yang paling haus RAM, mungkin karena YouTube memuat banyak video. Jadi, jika RAM terlalu penuh, pasti akan mengganggu kinerja Youtube dan melambat.

7. File Video Terhapus

Pemilik saluran juga telah menghapus banyak video karena suatu alasan. Bisa juga karena terhapus secara sengaja atau tidak sengaja.

8. Memakai Koneksi Internet VPN

Perlu Anda ketahui bahwa koneksi internet VPN tidak dapat digunakan untuk memutar video offline YouTube. Ini karena video hanya dapat diputar menggunakan koneksi internet lokal.

Setelah mengetahui alasannya, bagaimana cara mengatasi masalah di atas?

Cara Mengatasi Video Youtube Offline Tidak Bisa Dibuka

Jika Anda sudah mengetahui masalah tidak bisa membuka atau memutar video YouTube offline, maka tentunya Anda harus tahu cara memperbaikinya.

Memecahkan masalah ini sangat sederhana, Anda tidak perlu meminta bantuan ahli IT, Anda dapat melakukannya sendiri. Anda dapat mencoba yang berikut ini:

1. Perbarui Youtube versi terbaru

Metode pertama adalah solusi yang sangat sederhana jika versi yang lebih baru adalah alasan mengapa Anda tidak dapat menonton video offline. Biasanya kamu bisa langsung update dengan masuk ke Playstore atau Appstore untuk update atau download langsung disini.

2. Periksa koneksi internet

Seperti yang kita ketahui bersama, jika ingin menonton video offline di youtube tidak memerlukan koneksi internet untuk memutarnya, namun jika ingin mendownload video tentunya membutuhkan koneksi internet yang lancar untuk mendownload, maka biasanya menonton video offline.

3. Silakan Hapus File Cache

Seperti yang kami sebutkan di atas, jika file cache penuh akan mempengaruhi kinerja sistem YouTube, sehingga perlu dihapus. Lalu bagaimana cara menghapus file cache yang sudah penuh? Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan buka menu Setting dan klik submenu Applications.
  • Silahkan cari dan buka YouTube, lalu pilih Clear cache and data.
  • Tunggu hingga proses selesai lalu restart.

Akhir Kata

Berikut adalah tutorial yang dapat Anda ikuti di video offline YouTube yang tidak dapat dibuka. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih.

About Admin

Check Also

twibbon HUT RI77

Link Download Twibbon HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77

Replika.id – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh lapisan masyarakat Indonesia akan bersama-sama ... Baca selengkapnya