Download Desain Aplikasi Android

Teknologi semakin berkembang pesat dan menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang di dunia. Salah satu teknologi yang sedang digandrungi saat ini adalah aplikasi android. Aplikasi android memiliki banyak fungsi mulai dari hiburan, pendidikan, hingga bisnis. Dalam pembuatan aplikasi android, desain menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Sebab, desain yang menarik bisa meningkatkan nilai jual dari aplikasi tersebut serta membuat pengguna nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam download desain aplikasi android:

Memilih Platform Desain

Desain Aplikasi AndroidSource: bing.com

Ada banyak platform desain yang bisa digunakan untuk membuat desain aplikasi android, seperti Sketch, Adobe XD, Figma, dan masih banyak lagi. Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sebaiknya kamu memilih platform yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sketch

SketchSource: bing.com

Sketch adalah platform desain yang populer di kalangan desainer. Platform ini sangat cocok digunakan untuk membuat desain aplikasi android karena memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan.

Dalam Sketch, kamu bisa membuat desain UI yang menarik dengan menggunakan fitur vector editing yang memudahkan kamu dalam membuat dan mengedit desain. Selain itu, Sketch juga memiliki plugin yang bisa membantu kamu dalam mempercepat pekerjaan desain.

Menggunakan Sketch memang memerlukan biaya, namun kamu bisa mencoba Sketch secara gratis selama 30 hari untuk mencoba platform ini.

Adobe XD

Adobe XdSource: bing.com

Adobe XD juga merupakan platform desain yang populer dan banyak digunakan oleh desainer. Kelebihan dari Adobe XD adalah kamu bisa melakukan kolaborasi dengan tim secara online. Selain itu, Adobe XD memiliki fitur prototyping yang memudahkan kamu dalam memvisualisasikan interaksi antara elemen UI.

Adobe XD bisa digunakan secara gratis selama 7 hari, setelah itu kamu harus membayar biaya berlangganan untuk terus menggunakannya.

Figma

FigmaSource: bing.com

Figma adalah platform desain yang bisa digunakan secara gratis. Figma memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk membuat desain aplikasi android.

Selain itu, Figma juga memudahkan kamu dalam melakukan kolaborasi dengan tim dalam satu file desain yang sama. Kamu bisa mengakses file desain dari mana saja dan kapan saja.

Menentukan Konsep Desain

Konsep Desain Aplikasi AndroidSource: bing.com

Setelah memilih platform desain, langkah berikutnya adalah menentukan konsep desain. Konsep desain akan menentukan tampilan dari aplikasi android yang akan kamu buat.

Flat Design

Flat DesignSource: bing.com

Flat design adalah konsep desain yang sederhana dan minimalis. Konsep desain ini sangat cocok untuk aplikasi android yang memiliki tampilan modern dan mulai banyak digunakan oleh para pengembang aplikasi android.

Dalam flat design, kamu bisa menggunakan warna-warna cerah dan kontras yang membuat aplikasi android lebih menarik dan mudah diingat oleh pengguna. Selain itu, flat design juga memudahkan dalam pengaturan tata letak elemen UI.

Metro Design

Metro DesignSource: bing.com

Metro design adalah konsep desain yang digunakan oleh sistem operasi Windows. Konsep desain ini menggunakan warna-warna cerah dan elemen UI yang sederhana.

Dalam metro design, kamu bisa membuat aplikasi android yang memiliki tampilan modern dan sederhana. Metro design juga memudahkan dalam pengaturan tata letak elemen UI, sehingga kamu bisa membuat tampilan yang rapi dan mudah dipahami oleh pengguna.

Memilih Font yang Sesuai

Memilih Font Untuk Desain Aplikasi AndroidSource: bing.com

Font juga merupakan salah satu faktor penting dalam desain aplikasi android. Pilihlah font yang mudah dibaca oleh pengguna dan sesuai dengan konsep desain yang kamu gunakan.

Roboto

RobotoSource: bing.com

Roboto adalah font yang banyak digunakan dalam desain aplikasi android. Font ini mudah dibaca dan memiliki tampilan yang modern.

Open Sans

Open SansSource: bing.com

Open Sans juga merupakan font yang cocok untuk desain aplikasi android. Font ini mudah dibaca dan memiliki tampilan yang elegan.

Memperhatikan Warna yang Digunakan

Memilih Warna Untuk Desain Aplikasi AndroidSource: bing.com

Warna juga merupakan faktor penting dalam desain aplikasi android. Pilihlah warna yang sesuai dengan konsep desain dan mudah diingat oleh pengguna.

Warna Cerah

Warna CerahSource: bing.com

Warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau bisa membuat aplikasi android lebih menarik dan mudah diingat oleh pengguna. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan warna cerah karena bisa membuat tampilan menjadi berantakan dan sulit dipahami oleh pengguna.

Warna Netral

Warna NetralSource: bing.com

Warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu bisa membuat aplikasi android terlihat lebih elegan dan profesional. Warna netral juga memudahkan dalam pengaturan tata letak elemen UI.

Kesimpulan

Memperhatikan desain dalam pembuatan aplikasi android sangat penting. Desain yang menarik bisa meningkatkan nilai jual dari aplikasi tersebut serta membuat pengguna nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut. Dalam melakukan download desain aplikasi android, kamu bisa memilih platform desain yang sesuai dengan kebutuhanmu, menentukan konsep desain yang sesuai, memilih font yang sesuai, dan memperhatikan warna yang digunakan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kamu bisa membuat desain aplikasi android yang menarik dan mudah digunakan oleh pengguna.

Leave a Comment