Cara Mengurus STR Kesehatan Masyarakat:

Apa itu STR Kesehatan Masyarakat?

Pembaca Setia, sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengurus STR Kesehatan Masyarakat, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu STR Kesehatan Masyarakat.

STR (Surat Tanda Registrasi) Kesehatan Masyarakat adalah tanda bukti legalitas bagi seorang tenaga kesehatan yang menyatakan bahwa orang tersebut telah terdaftar dan terkualifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh bidang kesehatan masyarakat. STR Kesehatan Masyarakat ini wajib dimiliki bagi tenaga kesehatan yang bekerja di bidang kesehatan masyarakat seperti tenaga sanitasi, tenaga kebersihan, bidan, perawat, apoteker, dan lain-lain.

7 Kelebihan dan Kekurangan STR Kesehatan Masyarakat:

Kelebihan:

1️⃣

Meningkatkan Kepercayaan Publik Terhadap Tenaga Kesehatan

Dengan memiliki STR, tenaga kesehatan dianggap legal dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak berwenang sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap mereka. Hal ini penting untuk menjaga hubungan yang sehat dan aman antara tenaga kesehatan dan masyarakat.

2️⃣

Memudahkan Tenaga Kesehatan Dalam Mempersiapkan Pekerjaan

Dengan memiliki STR, tenaga kesehatan akan mengetahui kegiatan apa saja yang dapat dilakukan sesuai dengan bidangnya. Dalam hal ini, STR membantu tenaga kesehatan dalam mempersiapkan pekerjaannya agar lebih teratur dan terukur.

3️⃣

Menjaga Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

STR menjamin bahwa tenaga kesehatan memiliki standar minimum yang sama dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan menerima pelayanan kesehatan yang berkualitas.

4️⃣

Memudahkan Penyediaan Dana Fiskal

Dalam bidang kesehatan, tenaga kesehatan yang memiliki STR akan lebih mudah untuk mendapatkan bantuan dana fiskal, beasiswa untuk pendidikan dan pelatihan.

5️⃣

Memudahkan Tenaga Kesehatan Saat Melakukan Mobilitas Pekerjaan

STR dapat diakui oleh negara lain yang diakui oleh Malaysia, Singapura, dan sebagainya. Dengan begitu tenaga kesehatan mempunyai STR dapat lebih mudah memilih pekerjaan di negara yang diakui tersebut.

6️⃣

Memuat Informasi Yang Telah Divalidasi

STR memuat data-data keilmuan yang telah divalidasi oleh pihak berwenang. Informasi ini memberikan jaminan bahwa tenaga kesehatan memiliki bekal pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi berbagai situasi profesionil pada bidang kesehatan masyarakat.

7️⃣

Memperoleh Perlindungan Hukum

Tenaga kesehatan yang memiliki STR akan memperoleh perlindungan hukum dari tindak pidana, seperti penganiayaan, kelalaian, dan sejenisnya. Dalam hal ini, STR memberikan kedudukan legal bagi tenaga kesehatan.

Kekurangan:

1️⃣

Proses Pendaftaran yang Rumit

Proses pendaftaran STR Kesehatan Masyarakat cukup rumit dan memakan waktu, terutama bagi yang ingin memperolehnya pertama kali. Hal ini sering dikarenakan oleh birokrasi yang cukup kompleks dalam proses registrasi tersebut.

2️⃣

Mengikat Waktu Tertentu

Tenaga kesehatan yang telah memiliki STR perlu memperpanjangnya setiap lima tahun sekali, yang memakan waktu dan biaya.

3️⃣

Biaya yang Mahal

Biaya pengurusannya yang cukup mahal bagi tenaga kesehatan, terutama bagi mereka yang masih berpenghasilan tetap rendah.

4️⃣

Jumlah Tenaga Kesehatan yang Belum Memiliki STR Masih Banyak

Meskipun penting, masih banyak tenaga kesehatan yang belum memiliki STR Kesehatan Masyarakat. Hal ini kadangkala menghadirkan kendala dalam pemenuhan jumlah tenaga kesehatan dengan standar internasional.

5️⃣

Tidak Ada Tindakan Hukum Bagi Tenaga Kesehatan Yang Tidak Memiliki STR

Ada tenaga kesehatan yang tidak memiliki STR namun masih beroperasi secara bebas dan tidak dikenakan tindakan hukum.

6️⃣

Ada Pihak-Pihak yang Berusaha untuk Menipu Dalam Mendapatkan STR

Ada pihak-pihak yang mencoba mencari jalan pintas dalam mendapatkan STR tanpa mengikuti prosedur yang benar. Hal ini menghasilkan data palsu yang menyebabkan terjadi kesalahan dalam penilaian kualifikasi tenaga kesehatan.

7️⃣

Pendanaan yang Kurang

Program pengawasan dan validasi untuk STR masih kurang, sehingga menyebabkan ada tenaga kesehatan yang memiliki STR tetapi tidak layak secara kualitas.

Bagaimana Cara Mengurus STR Kesehatan Masyarakat Secara Benar?

Salah satu syarat mengurus STR Kesehatan Masyarakat adalah memiliki gelar kesehatan yang diakui secara legal oleh pihak berwenang seperti Kementerian Kesehatan dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Langkah-Langkah Mengurus STR Kesehatan Masyarakat:
1. Periksa Syarat-Syarat Permohonan
2. Ambil Formulir Persyaratan
3. Isi Formulir Persyaratan
4. Persiapkan Dokumen
5. Ajukan Permohonan dan Bayar Biaya Adminisrasi
6. Tunggu Pemberitahuan Dari Dinas Kesehatan
7. Ambil STR Dari Kantor Dinas Kesehatan

13 Pertanyaan Umum Tentang Cara Mengurus STR Kesehatan Masyarakat:

1. Siapa yang memerlukan STR Kesehatan Masyarakat?

STR Kesehatan Masyarakat wajib dimiliki oleh tenaga kesehatan yang bekerja di bidang kesehatan masyarakat seperti tenaga sanitasi, tenaga kebersihan, bidan, perawat, apoteker, dan lain-lain.

2. Apa fungsi dari STR Kesehatan Masyarakat?

STR Kesehatan Masyarakat berfungsi sebagai tanda bukti legalitas bagi seorang tenaga kesehatan yang menyatakan bahwa orang tersebut telah terdaftar dan terkualifikasi dengan standar yang ditetapkan oleh bidang kesehatan masyarakat.

3. Apa yang harus dilakukan jika STR Kesehatan Masyarakat hilang atau rusak?

Jika STR Kesehatan Masyarakat hilang atau rusak, maka segera lakukan pengajuan permohonan penggantian dengan membawa dokumen yang diperlukan seperti laporan kehilangan (jika hilang) atau surat keterangan rusak (jika rusak).

4. Berapa lama waktu untuk mengurus STR Kesehatan Masyarakat?

Waktu untuk mengurus STR Kesehatan Masyarakat bervariasi tergantung dari prosedur yang berlaku di masing-masing daerah. Namun, umumnya waktu yang diperlukan antara satu hingga dua bulan.

5. Apa biaya yang diperlukan dalam mengurus STR Kesehatan Masyarakat?

Biaya yang diperlukan dalam mengurus STR Kesehatan Masyarakat bervariasi tergantung dari kebijakan masing-masing daerah. Namun, umumnya biaya yang diperlukan berkisar dari beberapa ratus ribu hingga lebih dari satu juta Rupiah.

6. Bagaimana jika waktu berlalu dan STR Kesehatan Masyarakat belum selesai terbit?

Jika waktu berlalu dan STR Kesehatan Masyarakat belum selesai terbit, maka segera datangi Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan konfirmasi dan menyelesaikan masalah tersebut.

7. Apa yang harus dilakukan jika ada kesalahan dalam informasi di STR Kesehatan Masyarakat?

Jika terdapat kesalahan dalam informasi di STR Kesehatan Masyarakat, maka segera lakukan pengajuan permohonan perbaikan dengan membawa dokumen-dokumen pendukung dan kelengkapan lainnya

8. Apa yang menjadi dasar hukum bagi pengurusan STR Kesehatan Masyarakat?

Dasar hukum bagi pengurusan STR Kesehatan Masyarakat diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 73 Tahun 2016 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Bersertifikat dan SK Menkes Nomor 448/Menkes/SK/IV/2020 tentang Penyelenggaraan Diplome Coarse Community Development (DCCD).

9. Apa yang menjadi syarat pengurusan STR Kesehatan Masyarakat?

Beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan STR Kesehatan Masyarakat yaitu memiliki ijazah pendidikan terkait, melampirkan sertifikat pelatihan terkait, fotokopi KTP dan kartu keluarga, pasfoto ukuran 4×6, dan membayar biaya administrasi.

10. Apakah STR Kesehatan Masyarakat bisa digunakan di seluruh Indonesia?

STR Kesehatan Masyarakat yang diterbitkan oleh suatu daerah dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

11. Apa saja bidang pekerjaan yang dapat mengurus STR Kesehatan Masyarakat?

Bidang pekerjaan yang dapat mengurus STR Kesehatan Masyarakat meliputi tenaga sanitasi, tenaga kebersihan, bidan, perawat, apoteker, dan sebagainya.

12. Apa saja dokumen yang harus disiapkan dalam pengurusan STR Kesehatan Masyarakat?

Dokumen yang harus disiapkan dalam pengurusan STR Kesehatan Masyarakat meliputi ijazah pendidikan, sertifikat pelatihan terkait, fotokopi KTP dan kartu keluarga, pasfoto ukuran 4×6, dan bukti pembayaran biaya administrasi.

13. Apa fungsi dari sertifikat pelatihan dalam pengurusan STR Kesehatan Masyarakat?

Sertifikat pelatihan diperlukan untuk membuktikan bahwa tenaga kesehatan tersebut sudah mendapatkan pelatihan di bidang kesehatan masyarakat dan memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

Kesimpulan:

Jika Anda ingin menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas di bidang kesehatan masyarakat, maka memiliki STR adalah syarat mutlak. Meskipun memiliki kelebihan, namun pengurusan STR Kesehatan Masyarakat juga memiliki beberapa kekurangan. Namun dengan mengikuti prosedur yang benar dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan, pengurusan STR Kesehatan Masyarakat tidak akan terlalu rumit.

Jadi untuk bergabung dalam layanan kesehatan masyarakat, segera lakukan pengurusan STR Kesehatan Masyarakat agar Anda terjamin dalam melaksanakan tugas profesi Anda.

Disclaimer:

Nilai Artikel merupakan karya Asisten virtual AI dan artikel ini tidak bermaksud untuk menggantikan atau mengesampingkan saran medis profesional. Pembaca diminta tanggap dengan medis profesional lainnya dan tidak bergantung pada informasi yang tertera pada artikel sebagai satu-satunya saran bagi kesehatan.

Leave a Comment