Cara Membuat Link Bitly untuk Google Form dengan Mudah

Apa itu Bitly dan Google Form?


Bitly dan Google Form

Jika Anda mengambil survei atau membuat formulir online, ada kemungkinan Anda perlu membuat tautan ke formulir tersebut. Salah satu cara untuk membuat tautan yang mudah diingat dan dibagikan adalah dengan menggunakan Bitly.

Bitly adalah layanan pemendek URL yang memudahkan pengguna untuk memperpendek tautan panjang. Tautan Bitly singkat, mudah diingat, dan mudah dibagikan melalui media sosial, pesan teks, email, atau di mana saja Anda perlu membagikan tautan.

Sementara itu, Google Form adalah alat pembuatan survei online gratis dari Google. Alat ini memudahkan pengguna untuk membuat formulir riset, survei bisnis, undian online, pendaftaran atau formulir pendaftaran acara, dan lainnya. Google Form sangat mudah digunakan, responsif, dan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ketika Anda menggunakan Google Form, formulir tersebut akan diterbitkan di bawah URL unik yang diberikan oleh Google Drive. URL ini agak panjang dan seringkali sulit diingat ataupun diikuti oleh orang lain. Nah, disinilah bitly memberikan kontribusinya.

Dengan menggunakan Bitly, pengguna dapat dengan mudah memperpendek URL Google Form dan membuatnya lebih mudah diingat dan dibagikan. menggunakan Bitly dapat mempermudah penerima atau calon responden untuk mengeklik tautan yang dibagikan, menghemat ruang karakter dalam tulisan, mempercepat waktu undangan, serta meningkatkan keterlibatan responden.

Jadi, saat kita menggabungkan Bitly dan Google Form, kita bisa membuat survei online dan form lebih mudah diklik dan mudah diingat oleh orang lain membuka link tersebut.

Membuat Link Google Form yang Panjang


cara membuat link bitly google form

Saat membuat formulir di Google Form, setiap kali Anda membuat salah satu pertanyaan di dalamnya, Google akan secara otomatis menambahkan URL yang mengarah ke pertanyaan tersebut. Namun, URL yang digunakan oleh Google Form dapat menjadi sangat panjang dan sulit untuk dibagikan. Namun, ada cara untuk membuat URL Google Form yang panjang menjadi lebih pendek dan mudah dibagikan dengan menggunakan layanan Bitly. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Salin URL Google Form


cara membuat link google form yang panjang

Pertama, salin URL Google Form yang panjang tersebut dengan mengeklik tombol “Salin” yang ada di sebelah kanan URL.

Langkah 2: Buka Bitly dan Buat Akun Baru


cara membuat akun bitly

Buka situs Bitly, lalu buat akun baru jika Anda belum memiliki akun Bitly sebelumnya. Jika sudah memiliki akun, langsung saja login ke akun Bitly Anda.

Langkah 3: Buat Link Bitly dari URL Google Form


cara membuat short link bitly

Setelah berhasil login, klik tombol “Create Bitlink” yang ada di halaman utama Bitly. Kemudian, tempelkan URL Google Form yang sudah di-copy di langkah sebelumnya pada kolom input yang tersedia. Pilih “Create” untuk membuat link Bitly baru.

Langkah 4: Bagikan Link Bitly


cara share link bitly

Sekarang, link Bitly yang baru saja Anda buat sudah siap digunakan. Anda dapat menyalinnya dengan mengeklik tombol “Copy” yang ada di sebelah kanan link Bitly tersebut. Link Bitly ini dapat dibagikan melalui email, pesan, atau di media sosial.

Sekarang kamu telah berhasil membuat link Bitly untuk Google Form-mu. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, kamu dapat membuat link URL Google Form yang panjang menjadi lebih pendek dan mudah untuk diberikan ke orang lain. Dalam beberapa detik, kamu sudah membuat link yang pendek, mudah dinavigasi, dan mudah dibagikan. Kirimkan link itu ke orang-orang dan mulai menikmati hasil survei Anda!

Memendekkan Link Google Form dengan Bitly


Bitly

Apabila kita biasa mengirimkan link Google Form melalui sosial media, sering kali link tersebut terlihat sangat panjang. Tidak jarang penerima link merasa tidak nyaman dengan link yang terlalu panjang tersebut, dan bahkan bisa terlihat tidak profesional. Maka, solusinya adalah dengan memendekkan link tersebut dengan menggunakan Bitly.

Apa itu Bitly?

Bitly logo

Bitly adalah sebuah situs web yang menyediakan layanan pendekatan URL. Dalam artian, situs web ini memberikan layanan untuk memendekkan link atau URL yang panjang. Bitly merupakan solusi untuk memperpendek link Google Form yang terlalu panjang dan menghindari link phishing. Pendekatan link dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, sehingga link dapat terlihat lebih rapi dan profesional.

Cara memendekkan link Google Form dengan Bitly:

  1. Kunjungi situs web Bitly (bitly.com) dan buat akun (sign up), jika belum memiliki.
  2. Bitly login

  3. Selanjutnya, login ke akun Bitly yang telah dibuat.
  4. Kembali ke Google Form dan salin tautan (link) Google Form yang akan dikirimkan dengan memilih tab “Send” dan pilih salah satu jalur distribusi (contoh email), lalu klik tombol “Copy link”.
  5. Salin tautan Google Form

  6. Buka situs web Bitly dan klik tombol “Create Bitlink” di bagian atas halaman website. Kemudian, tempelkan tautan Google Form yang telah disalin pada kolom. Setelah itu, klik tombol “Create”.
  7. Buat Bitlink

  8. Setelah itu, kita akan diarahkan pada halaman berikutnya yang menampilkan link yang telah dipendekkan menggunakan Bitly. Klik tombol “Copy” pada Bitlink untuk menyalin Bitlink tersebut.
  9. Copy Bitlink

  10. Sekarang, Bitlink tersebut siap digunakan dan dikirimkan melalui media sosial atau email. Penerima dapat mengklik Bitlink tersebut dan akan langsung terhubung ke halaman Google Form yang telah disingkat dengan menggunakan Bitly.

Pendekatan URL di Bitly memudahkan kita saat hendak membagikan link ke orang lain. Bitly memberikan favilitas statistik penggunaan, sehingga kita dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengakses link tersebut. Selain itu, Bitly juga mudah digunakan pada smartphone yang mempunyai aplikasi Bitly. Dengan demikian, kita dapat memendekkan link Google Form kapan saja dan dimana saja secara mudah dan cepat.

Membagikan Link Google Form yang Sudah Dipersingkat


Membagikan Link Google Form yang Sudah Dipersingkat

Saat mengirimkan formulir Google ke teman atau kolega, seringkali link asli ke formulir terlalu panjang dan sulit diingat. Selain itu, beberapa platform seperti Twitter dan Instagram juga memiliki batasan jumlah karakter pada satu tweet/postingan. Itulah mengapa memperpendek link Google Form dengan menggunakan layanan seperti Bitly sangat berguna. Bitly adalah situs web yang memungkinkan pengguna untuk memperpendek link dengan mengalihkannya ke halaman Bitly. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memperpendek link Google Form dengan Bitly dan cara membagikan link bitly ke teman atau kolega.

Cara Memperpendek Link Google Form Dengan Bitly

Cara Memperpendek Link Google Form Dengan Bitly

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memperpendek link Google Form dengan Bitly adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs web Bitly di browser Anda. Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan akun di bitly untuk menggunakan fitur yang disediakan.
  2. Klik tombol “Shorten” atau “Perpendek” yang ada di pojok kanan atas.
  3. Salin link Google Form yang ingin Anda pendekkan. Anda dapat menyalin link ini dari bar alamat di browser Anda.
  4. Paste link tersebut ke dalam kotak yang tersedia.
  5. Klik tombol “Perpendek Link” dan Bitly akan menghasilkan link pendek yang baru untuk Google Form Anda.

Seperti yang dapat Anda lihat, memperpendek link Google Form dengan Bitly sangatlah mudah dan cepat. Setelah memperpendek link, Anda bisa mengecek apakah link Bitly masih aktif dengan mengklik link tersebut. Jika Google Form masih bisa diakses, artinya link Bitly masih aktif.

Cara Membagikan Link Bitly ke Teman atau Kolega

Cara Membagikan Link Bitly ke Teman atau Kolega

Bila link Bitly sudah jadi, bagikan dengan teman atau kolega Anda di beberapa cara berikut:

  1. Kopi link ke direktori Bitly yang menyimpan link pendek tersebut dan tempel ke salah satu platform sosial media (facebook, twitter, whatsApp) atau email.
  2. Copy link Bitly langsung dari tab Bitly pada browser, kemudian paste ke pesan teks atau email.
  3. Salin link Bitly yang sudah dipendekkan ke dokumen teks, seperti Google Documents, dan bagikan dokumen itu melalui email atau platform chatting lainnya.

Setelah teman atau kolega menerima link Bitly, mereka bisa mengeklik link tersebut untuk mengakses formulir Google dengan mudah. Jika sudah sampai pada tahap ini, sekarang Anda sudah bisa memperpendek link Google Form dengan Bitly dan membagikan link Bitly ke teman atau kolega dengan lancar.

Keuntungan Menggunakan Bitly untuk Memperpendekkan Link Google Form

Keuntungan Menggunakan Bitly untuk Memperpendekkan Link Google Form

Menggunakan Bitly untuk memperpendekkan link Google Form memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  1. Memperpendekkan link Google Form dengan Bitly mempermudah pengguna untuk mengakses formulir Google karena link menjadi lebih mudah diingat dan diakses.
  2. Jumlah tampilan dan statistik dapat terlihat di dashboard Bitly, memberikan informasi pada pembuat formulir tentang siapa saja yang mengakses link dan berapa kali.

Dalam artikel ini, kami sudah membahas mengenai cara memperpendek link Google Form dengan Bitly serta bagaimana cara membagikan link Bitly ke teman atau kolega. Dengan memperpendek link Google Form, pengguna dapat dengan mudah membagikan formulir Google ke orang-orang dengan link pendek yang mudah diingat, dan keamanan formulir google tetap terjaga.

About Admin

Check Also

Cara Mudah Menemukan dan Melihat Iklan di Instagram

Cara Mudah Menemukan dan Melihat Iklan di Instagram

Cara membuka aplikasi Instagram Jika kamu adalah pengguna smartphone, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ... Baca selengkapnya