Membuat akun Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang gratis yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini menyediakan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna menyimpan, mengunggah, dan membuka file melalui internet. Google Drive dapat digunakan untuk mengumpulkan tugas atau file lainnya yang diberikan oleh guru, dosen, atau atasan di tempat kerja.
Untuk menggunakan Google Drive, Anda memerlukan akun Google. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya melalui langkah-langkah berikut:
- Buka halaman utama Google Drive di https://www.google.com/drive/
- Klik tombol “Go to Google Drive”.
- Anda akan diarahkan ke halaman login. Karena Anda belum memiliki akun, klik tombol “Create account”.
- Anda akan diminta mengisi informasi pribadi Anda, seperti nama, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Pastikan untuk memilih alamat email yang unik sebagai nama pengguna Anda. Pilih kata sandi yang aman dan mudah diingat. Setelah mengisi formulir, klik tombol “Next”.
- Selanjutnya, Anda perlu melengkapi nomor telepon Anda. Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ini. Masukkan kode tersebut pada halaman yang disediakan, lalu klik tombol “Verify”.
- Dalam beberapa kasus, Google mungkin meminta Anda untuk memeriksa identitas Anda lebih lanjut dengan mengirimkan foto identitas Anda atau memverifikasi alamat email atau nomor telepon alternatif lainnya. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses verifikasi.
Setelah selesai mendaftar, Anda akan diberikan akun Google yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh layanan Google, termasuk Google Drive. Anda dapat mengunggah file ke Google Drive, membuat dokumen baru, dan mengatur file agar terlihat rapi di dalam folder.
Hal lain yang perlu diingat ketika mengumpulkan tugas menggunakan Google Drive adalah pastikan untuk memperhatikan batas kapasitas penyimpanan. Setiap akun Google Drive awalnya tersedia dengan kapasitas 15 GB, namun Google juga menyediakan pilihan untuk meningkatkan jumlah penyimpanan hingga 1 TB dengan biaya bulanan tertentu. Jika Anda menggunakan Google Drive untuk mengumpulkan tugas mahasiswa atau karyawan Anda, pastikan untuk mengatur batas ukuran file dan batas penggunaan penyimpanan agar semua orang dapat mengakses dan menggunakan layanan ini dengan mudah.
Dalam kesimpulannya, membuat akun Google Drive sangat mudah dan sederhana. Setelah mendaftar, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengunggah file secara online, membagikan link untuk file, dan berkolaborasi dengan anggota tim Anda dalam satu folder bersama-sama. Ini membuat Google Drive ideal untuk penggunaan pribadi atau bisnis, terutama ketika tugas atau file perlu dikumpulkan dan diakses oleh banyak orang secara online.
Berbagi folder kepada pengajar atau teman sekelas
Jika Anda akan menggunakan Google Drive sebagai sarana pengumpulan tugas, maka Anda tentu akan memerlukan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan berbagi folder dengan pengajar atau teman sekelas anda.
Kenapa fitur berbagi folder itu penting? Karena dengan berbagi folder, maka semua orang dalam kelompok Anda akan bisa mengakses folder tersebut. Artinya, mereka dapat melihat, mengedit, dan memberikan komentar pada tugas yang telah diunggah pada folder tersebut. Ini tentu akan mempermudah kolaborasi dan komunikasi antar anggota kelompok maupun dengan pengajar Anda.
Nah, sebagai langkah awal untuk berbagi folder dengan teman sekelas atau pengajar Anda, Anda perlu menentukan dulu folder mana yang akan dibagikan. Jika folder tersebut sudah ada, maka Anda tinggal berbagi saja. Namun, jika belum ada, maka buatlah folder terlebih dahulu.
Berikut adalah cara membuat folder baru di Google Drive:
- Buka Google Drive.
- Pada layar utama, klik tombol “New” di bagian kiri atas.
- Pilih “Folder” untuk membuat folder baru.
- Atur nama folder sesuai dengan nama tugas atau topik yang akan dikerjakan.
- Jika sudah selesai, klik tombol “Create”.
Setelah berhasil membuat folder baru, maka Anda siap untuk berbagi folder tersebut dengan pengajar atau teman sekelas. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pada Google Drive, klik kanan pada folder yang akan dibagikan.
- Pilih opsi “Share”.
- Masukkan alamat email pengajar atau teman sekelas Anda ke dalam kolom “people” atau “add people”.
- Pilih level akses yang diinginkan, apakah pengajar atau teman sekelas Anda memiliki akses untuk melihat saja, mengedit, atau mengomentari file.
- Jika sudah selesai, klik tombol “Done”.
Selain mengetahui cara berbagi folder, ada beberapa tips lain yang dapat Anda lakukan agar penggunaan Google Drive semakin efektif dan produktif:
- Gunakan fitur “offline” untuk dapat mengakses file Google Drive Anda ketika tidak tersambung dengan internet.
- Periksa dan atur pengaturan privasi Google Drive Anda agar tetap aman dan terkendali.
- Jaga kerahasiaan file Anda dengan menggunakan fitur “password” dan “encryption”.
- Jangan lupa untuk tetap melakukan backup atau menyimpan file Anda di perangkat lain sebagai cadangan.
Dengan memanfaatkan fitur Google Drive dengan baik seperti berbagi folder, maka kolektifitas dan produktivitas kelompok dalam mengumpulkan tugas akan meningkat. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi hasil akhir dari tugas dan kinerja kelompok secara umum.
Memasukkan tugas ke dalam folder yang telah dibuat
Jika kamu telah membuat folder khusus untuk mengumpulkan tugas dari dosen, sekarang saatnya kamu memasukkan tugas ke dalam folder tersebut. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti:
- Buka Google Drive dan pilih folder yang telah kamu buat sebelumnya.
- Pilih ikon “New” yang berada di sisi kanan atas dan pilih “File Upload”, kemudian pilih file tugas yang ingin kamu upload.
- Atau, kamu juga bisa memilih “Folder Upload” jika terdapat banyak file dalam satu tugas, sehingga lebih mudah dan cepat untuk menguploadnya dalam satu folder.
- Tunggu hingga proses upload file selesai. Jika sudah selesai, kamu akan melihat file tersebut dalam folder yang telah kamu tentukan sebelumnya.
Ingatlah untuk selalu memasukkan file tugas ke dalam folder yang telah disediakan oleh dosen dan jangan lupa untuk memberi nama file dengan baik dan benar supaya lebih mudah dibaca oleh dosen. Selain itu, pastikan pula bahwa file yang kamu upload adalah file yang benar, terutama jika terdapat aturan tugas yang spesifik dari dosen.
Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur “Assignments” pada Google Classroom untuk mengumpulkan tugas. Dalam fitur ini, kamu bisa membuat tugas, memberi deadline, serta mengumpulkan dan menilai tugas dengan lebih mudah dan terstruktur.
Jadi, dengan memanfaatkan Google Drive, kamu bisa mengumpulkan tugas dengan lebih mudah dan praktis. Selain itu, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu juga bisa memastikan bahwa semua file tugas yang kamu kumpulkan berada dalam satu folder yang sama dan mudah ditemukan saat diperlukan. Yuk, coba sekarang!